Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Keberagaman


Hari Guru Nasional 2016
Seyogyanya hari ini adalah sebuah refleksi diri dari para Guru,  bentuk renungan akan tugas masa lampau untuk tugas kedepan yang lebih baik. Guru menurut UUGD adalah mereka yg bersertifikat pendidik secara profesional. Tentu saja kata itu bukan hanya sekedar dilekatkan ketika Guru sdh menjdi sebuah profesi yang setara dengan profesi lainnya, tetapi sebuah acuan, sebuah motivasi untuk benar-benar bisa melaksanakan tugas dengan baik. Guru harus betul betul mampu menjadi pendidik secara profesional baik secara keilmuan maupun sikap. 
Guru seharusnya mampu bersikap independen, dan bersih dari unsur politik. Karena guru adalah orang tua bagi semua peserta didiknya tanpa membedakan anak siapa. Menjadi guru bukanlah hal yg mudah, berani menjadi guru haruslah diikuti oleh kemauan untuk selalu belajar, seorang guru harus mampu melihat jauh kedepan karena yang generasi yang didik hari ini adalaha generasi yang akan hidup dijaman yang akan datang. Bukan hal mudah tetapi bukan hal yang sulit juga. Guru tidak boleh tertinggal oleh perkembangan teknologi informasi. 
Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya. Kalimat ini bukan sekedar kalimat yang diucapkan oleh para penduhulu tetapi sebuah kalimat yang menandakan pemikirannya yang maju dan jauh kedepan, sebuah kesadaran bahwa perkembangan jaman tidak bisa dibendung, perkembangan teknologi semakin canggih dan hebat, maka pada posisi ini guru harus mampu beradaptasi mengikuti jaman ini tanpa melupakan nilai kekuatan karakter yg telah ada. 
Guru sebagai kaum intelektual, kaum berpendidikan, haruslah mampu memberi contoh yang baik dalam pelaksanaan pancasila, menghargai keberagaman sebagai sesuatu yang indah, bukankah keindahan pelangi ada di perbedaan warnanya? Setiap warna berdiri sendiri kemudian kita takjub ketika disebut pelangi. Saat ini organisasi profesi gurupun demikian perbedaan pemahaman dan cara pandang dalam memacu pendidikan adalah hal yang wajar, justru disitulah indahnya, saling melengkapi, berjalan seiring, saling support, bukan saling menjelekkan dan saling menjatuhkan. Perbedaan organisasi dengan spesialis pergerakannya justru menambah khasanah keindahan dari profesi yang namanya guru
Maka mari kita berjalan sesuai dengan keyakinan kita dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negeri tercinta ini. Mari kita berkarya untuk membentuk generasi yang handal generasi kita harapkan membawa Indonesia lebih baik. 
#Selamat hari Guru
#Guru Mulia Karena karya
#Terima kasih guruku..
#Mohon maaf jika selama.menjadi siswa/mahasiswa ada yang kurang berkenang....
Tandung, 25 Nopember 2016

Abdul Mujid
Sekretaris IGI Polman
Abdul Mujid
Abdul Mujid Guru Sederhana di daerah terpencil yang bermimpi untuk selalu memberikan yang terbaik.....

1 komentar untuk "Indahnya Keberagaman"

  1. Sebuah visi guru yang tertuang dalam cita-cita dan harapan, visi jauh kedepan mewujudkan guru yang mampu menghadapi tantangan di samannya dan mewarisi budaya mutu untuk tantangan di masa depan. Salam guru penggerak

    BalasHapus