Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SRB Berbagi "SMPN 3 Majene" seri 01



Level tertinggi dari seluruh rangkaian PembaTIK adalah Level 4 yaitu Level Berbagi. Pada Level ini peserta PembaTIK di berikan penugasan salah satunya tatap maya atau tatap, dan untuk kegiatan perdana ini adalah tatap muka. Setelah menentukan jadwal sebelumnya, tiba pada hari H yaitu Rabu tanggal 7 Oktober 2020 saya dan rekan SRB lainnya menyambangi SMPN 3 Majene untuk Sosialisasi dan Inovasi pembelajaran bersama Portal Rumah Belajar. 


kegiatan sosialisasi ini di buka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Majene, yang dalam sambutannya menjelaskan tentang penting mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan, beliau juga bercerita yang tentang pengalaman beliau ketika baru pertama kali mengenal yang namanya Komputer. Bapak Kepala Dinas sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini karena ini adalah hal baru terutama bagi yang belum mengenal Rumah Belajar. ternyata beliau telah membuka Portalnya dan banyak bercerita tentang apa yang dapat diambil dari Rumah Belajar.
Ibu Kepala Sekolah juga menyampaikan apresiasi yang sangat baik dan sangat mendukung kegiatan seperti bukan hanya sekarang tapi masa yang akan datang, bahkan beliau menyetujui untuk ada kegiatan selanjutnya yang merupakan lanjutan materi video pembelajaran. 

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan sesi materi, materi pertama oleh Bu Karmila yang membawakan tentang Portal Rumah Belajar beserta fitur-fiturnya juga inovasi apa yang bisa dilakukan dalam pembelajaran dengan menggunakan Portal Rumah Belajar. setelah sesi satu selesai dilanjutkan ke sesi dua dimana saya sendiri membawakan materi tentang pendekatan media yang lagi tren di Instagram dan sudah beberapa kali juga digunakan media sosial Rumah Belajar yaitu Microblog untuk pendidikan. saya menjelaskan betapa mudahnya melakukan inovasi media hanya dengan menggunakan PPT yang secara pasti jika guru memiliki laptop dengan OS Windows pasti memiliki aplikasi Office. 

Foto Bersama setelah pembukaan


saya melanjutkan dengan memberikan contoh pembuatan microblog dan memberikan tips -tips bagaimana membuat microblog menarik dengan menggunakan fasilitas warna eyedropper dari PPT. karena ternyata jarang sekali guru yang mengetahui tentang fungsi dari tools ppt tersebut. selain itu saya tetap menyampaikan mengapa ada kegiatan seperti ini dilaksanakan. selanjutnya secara singkat saya menjelaskan juga tentang PembaTIK dan memberikan semangat untuk guru-guru lainnya supaya tahun depan Ikut serta.  terakhir saya memberikan sebuah ungkapan "bahwa bukan seberapa wah ilmu itu tetapi seberapa bermanfaat meskipun ia sedikit" 


Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan selesai tentus sebelum itu ada sesi tanya jawab. kegiatan ini dihadiri oleh 28 peserta dan semua berjalan lancar serta berharap kegiatan ini berlanjut pada waktu yang akan datang. 

Teaching is a Profession that teaches all other professions.-Teachorg



Abdul Mujid
Abdul Mujid Guru Sederhana di daerah terpencil yang bermimpi untuk selalu memberikan yang terbaik.....

Posting Komentar untuk "SRB Berbagi "SMPN 3 Majene" seri 01"