Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SRB Berbagi "SMAN 1 MAJENE" seri 02

 


SRB Sulawesi Barat berbagi untuk seri 02 kali adalah menyambangi Sekolah Unggulan tingkat atas SMAN 1 Majene yang juga merupakan almamater saya 17 tahun lalu. sebagai seorang alumni ada rasa bangga bahwa saya adalah salah satu produk dari sekolah yang rata-rata petinggi di Kabupaten Majene adalah alumni sekolah ini. 
kegiatan ini berlangsung Jumat, tanggal 9 Oktober 2020, dimulai pukul 9 tepat waktu, kami hadir sekitar 10 menit sebelum acara dimulai dan dalam ruangan sudah menunggu Bapak Kepala Sekolah beserta Kabinetnya , mulai dari wakil kepala sekolah urusan Kurikulum dan wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. lengkap. yang istimewa adalah kali ini secara tiba-tiba DRB 2018 pak Ilham hadir memberikan motivasi. pembukaan dimulai oleh Kepala Sekolah beliau menyampaikan rasa bangga karena SMAN 1 Majene dipilih sebagai salah satu sekolah yang menjadi tujuan SRB Berbagi dan belajar serta memperkenalkan yang Portal Rumah Belajar karena ternyata memang juga baru bagi sebagian siswa dan guru. peserta kali kegiatan kali ini campuran antara siswa, guru gtt, guru pns dan mahasiswa UNM yang lagi melaksanakan KKN PPL terpadu. 


seperti sebelumnya sesi kegiatan dibagi 2 yaitu materi oleh SRB Bu Karmila yang membawakan materi Portal Rumah Belajar serta inovasinya, yang sangat gamblang dijelaskan. sesi ini cukup interaktis karena didahului oleh aktifitas instal aplikasi Portal Rumah Belajar dari playstore. setelag sesi pertama selesai dilanjutkan dengan masuk pada materi kedua atau sesi 2 di mana saya kembali menjelaskan tentang PembaTIK sekaligus mengajak guru-guru muda yang masih energik untuk terlibat tahun depan. setelah itu masuk ke hal yang lebih teknis yaitu bagaimana mengembangkan Media Pembelajaran baik itu video maupun Multimedia Pembelajaran Interaktif.



pada bagian ini saya menjelaskan tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan dengan masing-masing tingkat kesukarannya. tentang video pembelajaran saya memberikan beberapa pilihan aplikasi misalnya yang sederhan yaitu PPT kemudian kalau mau bermain dengan hp ya bisa pakai kinemaster sampai pada yang agak tinggi yaitu keluarga adobe. kemudian setelah itu masuk pada pengembangan MPI. saya bertanya apakah ada yang ikut kegiatan LED Rumah belajar workshop online pengembangan MPI? ternyata tidak ada akhirnya saya melanjutkan tentang aplikasi seperti Articulate storyline atau juga smart apps creator, jika itu masih susah ya bisa kembali menggunakan PPT. asyik bukan.

setelah semua sesi materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan dan salah satunya adalah menanyakan tips dan trik ikut PembaTIK dan saya menjawab bahwa ikuti selalu perkembangan tentang ITC yang lagi tren dalam pembelajaran misalnya Infografis dalam pembelajaran yang saat ini lagi tren sekali di IG yaitu microblog. dengan begitu kita tidak akan tertinggal. sesi akhir ditutup dengan foto-foto dan reuni kecil-kecilan ALumni FISIKA UNM 

"ilmu itu berkembang maka tidak ada alasan untuk berhenti belajar" Abdul Mujid












Abdul Mujid
Abdul Mujid Guru Sederhana di daerah terpencil yang bermimpi untuk selalu memberikan yang terbaik.....

Posting Komentar untuk "SRB Berbagi "SMAN 1 MAJENE" seri 02"