Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUMAH BELAJAR, Rumah berkreasi dan berbagi

 Pada masa pandemi ini semua aktifitas di semua sektor termasuk pendidikan mengalami gangguan. tetapi setiap peristiwa selalu memiliki hikmah baik. begitupu  di dunia pendidikan meski semua tiba-tiba, pembelajaran yang sedianya berlangsung di sekolah sebagai habitat utama pendidikan, sekarang ini harus dipindahkan dengan sistem belajar dari rumah. saya menjadi bahwa pendidikan itu bukan cuma urusan sekolah saja. tetapi kita mengenal yang namanya tri pusat pendidikan. dimana tri pusat pendidikan itu adalah Keluarga, lingkungan dan sekolah. tri pusat pendidikan ini adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. proses belajar pertama kali yang dilakukan oleh seorang manusia adalah keluarga kemudian ia beranjak kelingkungan kemudian ke sekolah. jadi tidak benar ketika pendidikan dianggap sebagai urusan sekolah saja. atau ketika ada anggapan bahwa ketika seorang anak manusia mengalami hal buruk atau berperilaku yang tidak baik semua adalah tanggung jawab sekolah. tetapi tiga faktor tadi mempunyai peran masing-masing yang sangat vital untuk menciptakan generasi yang baik.


nah sekarang dimana pembelajaran kembali kerumah seakan menegaskan peran keluarga bahwa pendidikan dan membentuk manusia yang berkarakter juga merupakan tanggung jawab keluarga. untuk membantuk proses belajar dari rumah tersebut, pemerintah dalam hal ini kemdikbud telah mengeluarkan surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang berbagai sumber refrensi belajar. dan yang pertama dan utama adalah Portal Rumah Belajar yang dapat di akses di link ini di dalamnya terdapat fitur-fitur yang secara gratis untuk dimanfaatkan. 

ada dinamakan fitur utama, dan itu ada 4 yaitu Sumber Belajar, kelas maya, laboratorium maya, dan bank soal. selain untuk siswa, Rumah belajar juga ini merupakan rumah berkreas dan berbagi, hmm koq bisa ya?? iya karena fitur-fitur didalamnya ketika kita registrasi sebagai guru, komunitas maka anda akan diberikan kesempatan untuk memasukkan konten yang anda buat, misalnya di fitur sumber belajar, kelas maya, maupun yang lainnya, nah menurut saya yang pentng juga neh adalah fitur peta budaya. jadi sampai disini paham ya bahwa Rumah belajar bukan hanya tempat mencari sumber referensi belajar, tetapi juga sebagai temoat berkreasi dan berbagi. (mujid)




Abdul Mujid
Abdul Mujid Guru Sederhana di daerah terpencil yang bermimpi untuk selalu memberikan yang terbaik.....

Posting Komentar untuk "RUMAH BELAJAR, Rumah berkreasi dan berbagi"