Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Revolusi Industri 4.0 dan Kesejahteraan Guru

weekend yang lalu saya melihat bertebaran postingan teman-teman tentang kegiatan peningkatan mutu berupa seminar, ada juga bimtek. menarik animo pesertanya tinggi. biasanya memang begitu apalagi ada jumlah jam. biasalah memang untuk pns sebagai bahan kenaikan pangkat butuh hal demikian. 
temanya keren, bahkan sangat up to date. revolusi 4.0. beranda Fb saya malah didominasi kata-kata itu. bahkan sudah ada juga revolusi sosial 5.0. itu bukan lanjutan. tapi sebuah model tingkah laku serta keadaan manusia dalam berinteraksi juga dalam memanfaatkan segala macam teknologi untuk kemudahan kehidupan manusia. 

ketika melihat animo teman-teman guru dalam belajar yang tinggi ada optimisme bahwa kedepan pendidikan akan semakin maju. persoalannya pendidikan bukan hanya urusan sekolah tapi ada keterlibatan masyarakat dan orang tua. lebih luas lagi keterlibatan dunia usaha dan dunia industri dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan haruslah kuat. 

semua komponen itu mesti saling bekerja sama dalam hal membangun pendidikan yang lebih baik. peran pemerintah dalam membuat kebijakan yang sesuai dengan kondisi sekolah juga perlu dilaksanakan. jangn cuma membuat kebijakan tapi tidak tau persis bagaimana kondisi real dilapangan. kesejahtraan guru juga penting untuk diperhatikan. walaupun setiap pekerjaan itu pilihan tapi saya kira menjadi kewajiban pemerintah juga untuk melihat itu. apalagi bahwa pendidikan adalah salah satu tolak ukur keberhasilan suatu negara. dan didalamnya ada peran guru yang sangat besar. guru merupakan ujung tombak yang langsung dilapangan. dan peran itu tidak bisa dianggap remeh. guru berkualitas dan totalitasnya sangat berpengaruh. tapi jika pemikiran mereka harus terbagi untuk memenuhi kebutuhan hidup juga tidak bisa disalahkan. 

guru juga punya keluarga yang harus dihidupi. keluarga yang harus di urus dipenuhi kebutuhannya. di era ini di abad 21 semestinya pemerintah memikirkan hal itu. mengedepankan bagaimana tersedianya guru yang berkualitas dan dapat hidup layak. 

Petoosang, 25 Februari 2019

Abdul Mujid



Abdul Mujid
Abdul Mujid Guru Sederhana di daerah terpencil yang bermimpi untuk selalu memberikan yang terbaik.....

Posting Komentar untuk "Revolusi Industri 4.0 dan Kesejahteraan Guru"