Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hujan diantara dua propinsi

Kalau membaca judul entah apa yang ada dipikiran pembaca. Ini cerpenkah? Atau apa. 
Maaf jangan membayangkan tulisan ini tentang cerita fiksi apalagi fiktif. Ini hanya pengalaman mengikuti sebuah pelatihan online yg diselenggarakan oleh seameo yaitu organisasi kementerian pendidikan se Asia Tenggara. 
Jelang tiga tahun sudah saya sendiri bergelut di dunia pelatihan dalam jaringan. Baik sebagai peserta atau juga sebagai panitia. 
Berdomisili di daerah yang kemampuan jaringan internet yang belum stabil menjadi cerita panjang bahkan menjadi suka duka dalam mengikuti kegiatan ini. Disaat teman-teman di pulau lain menikmati jaringan yang lebih cepat. Bahkan gratis karena fasilitas sekolah, saya masih harus berjuang memenuhi hasrat belajar dengan membeli kuota internet secara pribadi meski kadang harga tidak bersahabat dengan kantong celana. 
Tahun lalu untuk pertama kalinya diadakan virtual coordinator training atau VCT dimana kegiatan ini bertujuan melahirkan SDM yang bersertifikasi sebagai penyelenggara pelatihan online. Saya sendiri adalah peserta. Semua peserta diwajibkan tampil dua kali sebagai pemateri, dua kali sebagai host dan dua kali juga sebagai moderator. Sebelum kegiatan ini sebenarnya saya sudah pernah melakukannya. Termasuk sebagai panitia di SADAR IGI dan Admin Seminar Online Selasaan tentu memberikan pengalaman dan ilmu yang cukup untuk mengikuti vct ini. 
Berbicara manfaat tentu saja manfaatnya luar biasa, berbagi ilmu, bersilaturahmi dan menambah wawasan adalah sedikit banyak dari manfaat itu. Saling menginspirasi, memotivasi dengan semangat sharing and growing together sangat kuat mewarnai kegiatan ini. Hal ini juga yang saya alami, tepatnya saat mendapat jadwal tampil. Kondisi sangat cerah hari itu. Matahari cukup menyengat meski itu masih jam 10 pagi. Seperti biasa saya selalu meNikmati jika berada di lab. Ipa banyak hal yang bisa saya kerjakan. Termasuk memikirkan media media non ICT apa yang bisa saya kembangkan lagi. Pemateri pertama berjalan dengan baik, lancar. Materinya keren, salut pokoknya. Giliran berikut nya saya. Materi yang saya bawakan itu desain e flyer sederhana dengan ppt. Sederhana tapi bagian flyer ini sangat dibutuhkan dalam promo kegiatan. Saat akan tampil yang saya khawatirkan terjadi hujan deras. Nah inilah masalahnya karena kalau hujan jaringan kami pasti down. Bahkan ilang. Saya wa pak koordinator minta dipindahkan saja. Kemudian diberi kesempatan pindah sehabis dhuhur ternyata masih belum bisa. Sayapun ijin untuk berpindah koordinat ke sulsel. Biasa weekend selalu saya manfaatkan mengunjungi mertua. Sejak dulu juga kalau weekend saya tidak ingin diganggu. sepanjang perjalanan pun hujan.
Tiba pukul 4 sore. Seminar sesi 5 masih berlanjut. Sampai sesi 6. Sayapun belum tampil. Hujan masih deras. Saya sudah berpikir untuk tidak tampil sajalah. Tapi dorongan semangat teman2 tim vct sulawesi luar biasa masih diberi kesempatan habis magrib. Alhamdulillah setelah itu semua berjalan lancar dengan bantuan guru hebat yang lain. 
Saya sudah menbagikan materi di group sebagai  bahan referensi bagi yang ingin belajar desai sederhana. 
Batch  I sudah selesai alhamdulillah menjadi salah satu yang lulus. Terima kasih SEAMEO terima kasih semua guru guru hebat. Semoga berberkah. 


ABDUL MUJID


Abdul Mujid
Abdul Mujid Guru Sederhana di daerah terpencil yang bermimpi untuk selalu memberikan yang terbaik.....

2 komentar untuk "Hujan diantara dua propinsi"